MAKASSAR BAKAL PUNYA MASJID MEGAH BARU, INI PENAMPAKAN DESAINNYA

Makassar,jurnalsulawesi.co.id--Sebuah masjid megah yang dikabarkan bernilai Rp 500M akan dibangun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Lantas seperti apa penampakan desain masjid megah tersebut?


Masjid tersebut akan berlokasi di pesisir utara kota Makassar, tepatnya di Jalan Kesadaran IV, Panaikang, Kota Makassar. Tak cuma sebagai tempat ibadah, nantinya masjid ini akan digunakan sebagai pusat pengembangan peradaban Islam di Kawasan Timur Indonesia (KTI).


Masjid megah yang dibangun menteri pertanian Andi Amran Sulaiman ini, diberi nama Masjid Phinisi Kubah Emas Hajjah Andi Nurhadi. Pemberian nama itu dilakukan Amran demi mempersembahkan pahala dan amal jariyah kepada mendiang Sang Ibu.


Melansir detikNews, bentuk masjid ini merepresentasikan Kapal Pinisi sebagai apresiasi kebanggaan masyarakat suku Makassar dan suku Bugis yang dikenal sebagai pelaut ulung. Selain itu, Kapal Pinisi terkenal gagah dan tangguh ketika mengarungi samudera.


Pembangunan Masjid Phinisi Kubah Emas Hajjah Andi Nurhadi ini juga terinspirasi dari kemegahan Masjid Istiqlal Jakarta. Oleh karena itu, masjid didesain memiliki sejumlah fasilitas. Salah satunya plaza Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat di Makassar.


Adapun desain pelataran dalam Masjid ini terinspirasi dari Kota Suci Madinah. Aula masjid didominasi oleh warna putih dengan sejumlah aksen-aksen emas yang menambah kemegahan.


Dalam aula tersebut disediakan fasilitas berupa tempat duduk dengan kapasitas mencapai 1.000 orang. Sementara area salat pria memiliki kapasitas 10 ribu jamaah dan area salat wanita berkapasitas 5.000 jamaah.


Lantas seperti apa megahnya masjid ini? Berikut penampakan megahnya masjid baru di Makassar ini! 

0 Komentar